Inilah Alasan Jangan Pakai SSL di Blogger

Secure Socket Layer (SSL) merupakan suatu sistem yang digunakan untuk mengamankan seluruh aktivitas user saat berada di suatu situs, contohnya adalah seperti situs jual beli atau onlineshop. Disitus tersebut data privasi user sangat dipertaruhkan, terutama saat bertransaksi. Hal ini dapat menyebabkan orang yang tidak bertanggung jawab seperti Hacker dapat mencuri semua data-data user saat bertransaksi dan digunakan untuk hal-hal yang tidak baik, maka dari itulah pemilik situs seperti olshop diharuskan menggunakan SSL untuk mengamankan semua privasi user.

SSL Blogger

Google pun sangat menyarankan agar seluruh pemilik situs untuk menggunakan SSL di situsnya, mereka akan memberikan posisi terbaik di mesin pencari namun harus memenuhi beberapa krateria Google. Bisa kita simpulkan bahwa SSL merupakan bagian dari SEO dan UX (pengalaman pengunjung), namun perlu dicatat bahwa situs yang menggunakan SSL diharuskan bukanlah situs perjudian, pornografi, prustitusi, dan lain sebagainya agar SSL tidak ditolak (tampak bewarna merah di browser user).

Namun SSL ternyata memiliki dampak buruk terhadap situs, yakni terhadap kecepatan load suatu situs. SSL dapat menyebabkan waktu respon server menjadi lebih lama pada saat proses perenderan, terutama saat perenderan bot mesin pencari dan pengalaman pengunjung. Memang untuk situs yang menggunakan hosting hal ini dapat diatasi dengan berkonsultasi kepada penyedia hosting, namun untuk situs yang menggunakan hosting gratis dari Blogger tentu saja tidak demikian karena kita tidak dapat melakukan apa-apa terhadap akses root hosting.

"Darimana Anda Tahu Jikalau SSL Dapat Menyebabkan Masalah Yang Seperti Anda Jelaskan Diatas?"

Saya dapat mengetahuinya dari PageSpeed Insights saat melakukan tes kecepatan salah satu situs yang saya kelola dan menggunakan SSL, terlebih lagi ternyata awal bulan Januari 2018 PageSpeed Insights ternyata telah melakukan update algoritma yang menyebabkan jika respon server suatu situs lambat maka poin situa akan berkurang 30%. Tentu saja ini tidak baik terhadap SEO, dikarenakan bot mesin pencari tidak leluasa untuk merender situs Anda.

Jika SSL dapat menyebabkan masalah tersebut di Blogger, apakah Anda masih ingin memasang SSL di situs Blogger Anda?.
Sebaiknya Anda mempertimbangkannya terlebih dahulu, sesuaikan dengan kebutuhan situs Anda. Jika Anda membangun situs onlineshop di Blogger maka Anda dapat memasang SSL agar user semakin mempercayai situs Anda. Jikalau situs pribadi maka SSL tidak perlu dipasang, karena situs pribadi tidak menyangkut keamanan bertansaksi user.

Akhir kata, semoga Anda terbantu dengan Artikel yang saya buat.

Jangan lupa jika terdapat kesalahan terhadap penulisan kata yang salah atau tidak sebenarnya, Anda dapat memberitahu saya dengan Komentar di situs ini.

Terimakasih.

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Inilah Alasan Jangan Pakai SSL di Blogger"

Posting Komentar